LATAR
BELAKANG USAHA
Pada saat ini banyak sekali masyarakat yang lebih menyukai
makanan siap saji dengan rasa yang enak dan harga relatif murah, namun kualitas
tetap terjamin. Untuk memenuhi permintaan masyarakat tersebut harus diciptakan
suatu kegiatan usaha yang sifat nya kreatif, inovatif dan memiliki daya saing
yang tinggi, sehingga dapat menarik perhatian masyarakat untuk
membeli produk yang kita tawarkan.
Salah satu makanan siap saji adalah “Pasta”. Pasta adalah
makanan dari Italia yang cocok dengan lidah orang Indonesia. Dulu pasta di
kenal sebagai makanan kalangan atas, namun sekarang pasta dapat dinikmati oleh
semua kalangan.Oleh karena itu, ini dapat menjadi peluang usaha bagi
kami untuk menjual “Pasta
Kangen” yang enak namun dengan harga yang terjangkau oleh semua kalangan. Walaupun
pasta termasuk makanan berat tetapi sekarang banyak yang menganggap pasta
sebagai makanan pelengkap.
Pasta kangen adalah
inovasi dari pasta yang bermain di nama menu makanannya agar menarik bagi
pelanggan. Pasta kangen ini pun menjadi perpaduan
makanan antara Italia dan Indonesia.
Dalam memulai usaha, yang pertama kali harus diketahui adalah
peluang pasar dan cara menarik minat para konsumen. Peluang
pasar yang hendak kita capai dalam bisnis dan bagaimana cara
memperoleh order tersebut. Yang kedua adalah kita harus mampu menganalisa
keunggulan dan kelemahan pesaing dan kemampuan kita untuk bersaing dengan
mereka baik dari sisi harga, pelayanan, dan kualitas harus ditingkatkan.
Jangan lupa harus siap menghatapi resiko,dimana resiko bisnis adalah untung
atau rugi
Agar usaha ini dikenal
masyarakat, tentu saja harus dilakukan promosi, baik dengan cara menyebarkan
brosur, memasang iklan di media cetak/elektronik, memasang spanduk ataupun
promosi dari mulut ke mulut. Promosi ini dilakukan dengan tujuan untuk menarik
minat calon pembeli atas produk yang ditawarkan.
VISI USAHA
Kami
dapat menentukan visi usaha ini, yaitu:
Menjadikan
Pasta kangen sebagai makanan yang berkualitas dan dapat dinikmati oleh semua
kalangan masyarakat, dan termasuk dalam salah satu kuliner yang sukses di Depok
dengan omset yang tinggi sehingga dapat membuka cabang yang tersebar diseluruh
Indonesia bahkan sampai menembus pasar Internasional dan akan menampung sangat banyak karyawan sehingga
dapat mengurangi tingkat kemiskinan dan pengangguran yang ada di Indonesia.
MISI USAHA
Maka
kami menyimpulkankan bahwa misi usaha ini, adalah:
Menyajikan
Spaghetti pentol dengan sangat menjaga kualitas yang baik dan penampilan yang
mewah namun dengan modal yang relatif murah, dan dengan promosi yang menarik,
baik dan tepat serta pelayanan yang sangat memuaskan bagi konsumen.
ANALISA PELUANG USAHA
Target
segmen pasar pada saat ini adalah seluruh kalangan dan terutama remaja di Depok, dan apabila
sukses kami akan memperluas target pasar kami ke khalayak luas.
Analisis S.W.O.T
1. Strength
(kekuatan)
·
Kandungan
gizi dalam pasta ini sangatlah banyak
·
Pasta ini
sangat enak dan dapat memberikan sensasi kenikmatan karena perpaduan rasa dari keju dan saus khas
kami
·
Harga pasta
ini sangat terjangkau
·
Kualitas
pasta ini sangat tinggi
2. Weakness
(kelemahan)
Kami dapat melihat kelemahan pada produk ini adalah:
·
Hasil
produksi tidak tahan lama, harus segera dikonsumsi
·
Produknya
terlalu mudah untuk ditiru oleh pesaing
·
Harga bahan
baku yang tidak menentu bahkan cenderung naik
·
Modal
terbatas
3. Opportunity
(peluang)
Kami melihat peluang yang muncul sebagai berikut:
·
Tempat yang sangat strategis
·
Pemasaran
yang sangat baik dan efektif
·
Peluang
pasar masih besar karena belum terlalu banyak pesaing
·
Makanan ini sangat
disukai oleh anak-anak sampai orang dewasa
4. Threat
(ancaman)
Kami memperkirakan ancaman yang akan muncul adalah:
·
Adanya
pesaing yang menjual produk dengan harga yang tidak terlalu mahal
·
Munculnya
produk baru dengan kualitas dan kreasi yang lebih baik.
MARKETING MIX
·
Product (Produk)
Kata produk berasal dari bahasa Inggris product yang
berarti "sesuatu yang diproduksi oleh tenaga kerja atau sejenisnya",
sedangkan pengertian dari produk adalah sesuatu yang dapat ditawarkan untuk
memenuhi kebutuhan atau keinginan dan produk jasa.
Produk saya buat ini saya beri nama “Pasta Kangen” karena
terbuat dari perpaduan antara pasta yang berasal dari Italia dan yang berasal
dari Indonesia.
Pasta merupakan makanan yang sangat enak, banyak mengandung
berbagai macam gizi yang dibutuhkan oleh tubuh, dan digemari oleh semua
kalangan dari anak-anak sampai orang dewasa.
·
Price (Harga)
Harga (Price) adalah jumlah
uang yang harus dibayar oleh pelanggan untuk memperoleh suatu produk. Harga
merupakan satu-satunya unsur bauran pemasaran yang memberikan pemasukan atau
pendapatan bagi perusahaan, sedangkan ketiga unsur lainnya (Produk, Promosi dan
Distribusi) menyebabkan timbulnya biaya.
Harga yang kami tetapkan cukup terjagkau yaitu sebesar Rp
20.000,00 untuk memenuhi persyaratan persentasi keuntungan yang telah
ditetapkan oleh guru pembimbing yaitu dengan batas minimal 30%.
·
Place (Tempat)
Tempat Usaha adalah tempat yang digunakan untuk
kegiatan-kegiatan perdagangan, industri, produksi, usaha jasa,
penyimpanan-penyimpanan dokumen yang berkenaan dengan perusahaan, juga
kegiatan-kegiatan penyimpanan atau pameran barang-barang, termasuk rumah tempat
tinggal yang sebagian digunakan untuk kegiatan-kegiatan tersebut.
Pada kesempatan kali ini tempat usaha kami adalah di Ruko Market
In Lantai 3, Jl. Putri Tunggal No.8 RT 02 RW 01 harjamukti -, depok,
Harjamukti, Kec. Cimanggis, Kota Depok, Jawa Barat 16954.
·
Promotion (Promosi)
Promosi adalah
upaya untuk memberitahukan atau menawarkan produk atau jasa pada dengan tujuan
menarik calon konsumen untuk membeli
atau mengkonsumsinya. Dengan adanya promosi produsen atau distributor mengharapkan
kenaikannya angka penjualan.
Karena
saat ini banyak sekali yang menggunakan media sosial dari anak muda sampai
orang dewasa, terutama dikalangan anak muda sebagai target utama kami, maka
kami tetapkan promosi yang akan kami pergunakan paling utama yaitu melalui
media sosial, tetapi promosi dengan cara lain seperti brosur dan secara “Face
to face” tetap kami akan pergunakan agar semua orang dapat dengan mudah
mengenal produk yang akan kami jual.
PERHITUNGAN MODAL
Biaya bahan
- 1.000 gram Pasta “La
Fonte” Rp 25.000,00
- 500 gram Saus Bolognese “La
Fonte” Rp 22.000,00
- 175 gram Keju cheddar
“Kraft” Rp 23.500,00
- Daun
sop Rp 10.000,00
- 1 kg daging sapi giling Rp 52.000,00 +
Jumlah biaya bahan Rp 105.000,00
Biaya tenaga
kerja Rp 500.000,00
Biaya nota dan
pulpen Rp 10.000,00
Biaya
kemasan Rp 90.000,00
Biaya garpu
plastik Rp 60.000,00
Biaya
transportasi Rp 20.000,00
Biaya sewa
tempat Rp 5.000.000,00
Biaya
promosi Rp 3.000,00
Biaya
listrik, air dan gas
LPG Rp 2.000.000,00
Biaya
lain-lain Rp 1.000.000,00+
Total biaya Rp 8.683.000,00
HARGA JUAL
Dari bahan-bahan di
atas dihasil sebanyak 30 Pasta yang
dibandrol dengan harga Rp 20.000,00.
PERHITUNGAN LABA
RUGI
Berdasarkan
perhitungan modal dan harga jual, maka akan diperoleh perhitungan laba rugi
sebagai berikut:
Total penjualan – total
biaya =
laba/rugi
Rp 600.000,00 – Rp
8.683.000,00 = Rp 8.083.000,00
ANALISA KEUNTUNGAN
Persentasi
keuntungan dari penjualan adalah sebesar 30%, angka ini didapat dari
perhitungan sebagai beri:
Laba
|
X 100%
|
=…….%
|
|
Jumlah penjualan
|
|||
Rp 8.083.000,00
|
X 100%
|
= 30%
|
|
Rp 600.000,00
|
CARA MEMBUAT
Ø Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat Pasta kangen:
·
Pasta “La Fonte”
·
Saus Bolognese “La Fonte”
·
Keju cheddar “Kraft”
·
Daun sop
·
Daging sapi giling
Ø Peralatan yang digunakan untuk membuat Pasta kangen
adalah:
·
Kompor
·
Panci
·
Pisau
·
Piring
·
Saringan
·
Garpu
Ø Proses pembuatan Pasta kangen yaitu:
·
Masukkan
pasta ke dalam 5 liter air mendidih, tambahkan garam dan minyak goreng
secukupnya
·
Aduk
sesekali dan masak 8 sampai 10 menit atau sampai tingkat kekenyalan yang
diiginkan
·
Tiriskan,
lalu hidangkan dengan saus Bolognese “La Fonte” dan topping dan keju parut di
atasnya, setelah itu hias dengan daun sop.
·
Pasta kangen
yang sangat enak pun siap dinikmati
Tidak ada komentar:
Posting Komentar