Jumat, 21 Juni 2019


LATAR BELAKANG USAHA


Pada saat ini banyak sekali masyarakat yang lebih menyukai makanan siap saji dengan rasa yang enak dan harga relatif murah, namun kualitas tetap terjamin. Untuk memenuhi permintaan masyarakat tersebut harus diciptakan suatu kegiatan usaha yang sifat nya kreatif, inovatif dan memiliki daya saing yang tinggi, sehingga dapat menarik perhatian masyarakat untuk membeli produk yang kita tawarkan.
Salah satu makanan siap saji adalah “Pasta”. Pasta adalah makanan dari Italia yang cocok dengan lidah orang Indonesia. Dulu pasta di kenal sebagai makanan kalangan atas, namun sekarang pasta dapat dinikmati oleh semua kalangan.Oleh karena itu, ini dapat menjadi peluang  usaha bagi kami untuk menjual “Pasta Kangen” yang enak namun dengan harga yang terjangkau oleh semua kalangan. Walaupun pasta termasuk makanan berat tetapi sekarang banyak yang menganggap pasta sebagai makanan pelengkap.
Pasta kangen adalah inovasi dari pasta yang bermain di nama menu makanannya agar menarik bagi pelanggan. Pasta kangen ini pun menjadi perpaduan makanan antara Italia dan Indonesia.
Dalam memulai usaha, yang pertama kali harus diketahui adalah peluang pasar dan cara menarik minat para konsumen. Peluang pasar yang hendak kita capai dalam bisnis dan bagaimana cara memperoleh order tersebut. Yang kedua adalah kita harus mampu menganalisa keunggulan dan kelemahan pesaing dan kemampuan kita untuk bersaing dengan mereka baik dari sisi harga, pelayanan, dan kualitas harus ditingkatkan. Jangan lupa harus siap menghatapi resiko,dimana resiko bisnis adalah untung atau rugi

Agar usaha ini dikenal masyarakat, tentu saja harus dilakukan promosi, baik dengan cara menyebarkan brosur, memasang iklan di media cetak/elektronik, memasang spanduk ataupun promosi dari mulut ke mulut. Promosi ini dilakukan dengan tujuan untuk menarik minat calon pembeli atas produk yang ditawarkan.




VISI USAHA
Kami dapat menentukan visi usaha ini, yaitu:
Menjadikan Pasta kangen sebagai makanan yang berkualitas dan dapat dinikmati oleh semua kalangan masyarakat, dan termasuk dalam salah satu kuliner yang sukses di Depok dengan omset yang tinggi sehingga dapat membuka cabang yang tersebar diseluruh Indonesia bahkan sampai menembus pasar Internasional dan  akan menampung sangat banyak karyawan sehingga dapat mengurangi tingkat kemiskinan dan pengangguran yang ada di Indonesia.

MISI USAHA
Maka kami menyimpulkankan bahwa misi usaha ini, adalah:
Menyajikan Spaghetti pentol dengan sangat menjaga kualitas yang baik dan penampilan yang mewah namun dengan modal yang relatif murah, dan dengan promosi yang menarik, baik dan tepat serta pelayanan yang sangat memuaskan bagi konsumen.

ANALISA PELUANG USAHA
Target segmen pasar pada saat ini adalah seluruh kalangan dan terutama remaja di Depok, dan apabila sukses kami akan memperluas target pasar kami ke khalayak luas.




Analisis S.W.O.T

1.  Strength (kekuatan)

·         Kandungan gizi dalam pasta ini sangatlah banyak
·         Pasta ini sangat enak dan dapat memberikan sensasi kenikmatan  karena perpaduan rasa dari keju dan saus khas kami
·         Harga pasta ini sangat terjangkau
·         Kualitas pasta ini sangat tinggi




2.  Weakness (kelemahan)

Kami dapat melihat kelemahan pada produk ini adalah:
·         Hasil produksi tidak tahan lama, harus segera dikonsumsi
·         Produknya terlalu mudah untuk ditiru oleh pesaing
·         Harga bahan baku yang tidak menentu bahkan cenderung naik
·         Modal terbatas

3.  Opportunity (peluang)

Kami melihat peluang yang muncul sebagai berikut:
·         Tempat  yang sangat strategis
·         Pemasaran yang sangat baik dan efektif
·         Peluang pasar masih besar karena belum terlalu banyak pesaing
·         Makanan ini sangat disukai oleh anak-anak sampai orang dewasa

4.  Threat (ancaman)

Kami memperkirakan ancaman yang akan muncul adalah:
·         Adanya pesaing yang menjual produk dengan harga yang tidak terlalu mahal
·         Munculnya produk baru dengan kualitas dan kreasi yang lebih baik.


MARKETING MIX


·       Product (Produk)
Kata produk berasal dari bahasa Inggris product yang berarti "sesuatu yang diproduksi oleh tenaga kerja atau sejenisnya", sedangkan pengertian dari produk adalah sesuatu yang dapat ditawarkan untuk memenuhi kebutuhan atau keinginan dan produk jasa.
Produk saya buat ini saya beri nama “Pasta Kangen” karena terbuat dari perpaduan antara pasta yang berasal dari Italia dan yang berasal dari Indonesia.
Pasta merupakan makanan yang sangat enak, banyak mengandung berbagai macam gizi yang dibutuhkan oleh tubuh, dan digemari oleh semua kalangan dari anak-anak sampai orang dewasa.
·       Price (Harga)
Harga (Price) adalah jumlah uang yang harus dibayar oleh pelanggan untuk memperoleh suatu produk. Harga merupakan satu-satunya unsur bauran pemasaran yang memberikan pemasukan atau pendapatan bagi perusahaan, sedangkan ketiga unsur lainnya (Produk, Promosi dan Distribusi) menyebabkan timbulnya biaya.
Harga yang kami tetapkan cukup terjagkau yaitu sebesar Rp 20.000,00 untuk memenuhi persyaratan persentasi keuntungan yang telah ditetapkan oleh guru pembimbing yaitu dengan batas minimal 30%.
·         Place (Tempat)
Tempat Usaha adalah tempat yang digunakan untuk kegiatan-kegiatan perdagangan, industri, produksi, usaha jasa, penyimpanan-penyimpanan dokumen yang berkenaan dengan perusahaan, juga kegiatan-kegiatan penyimpanan atau pameran barang-barang, termasuk rumah tempat tinggal yang sebagian digunakan untuk kegiatan-kegiatan tersebut.
Pada kesempatan kali ini tempat usaha kami adalah di Ruko Market In Lantai 3, Jl. Putri Tunggal No.8 RT 02 RW 01 harjamukti -, depok, Harjamukti, Kec. Cimanggis, Kota Depok, Jawa Barat 16954.
·       Promotion (Promosi)
Promosi adalah upaya untuk memberitahukan atau menawarkan produk atau jasa pada dengan tujuan menarik calon konsumen untuk membeli atau mengkonsumsinya. Dengan adanya promosi produsen atau distributor mengharapkan kenaikannya angka penjualan.
Karena saat ini banyak sekali yang menggunakan media sosial dari anak muda sampai orang dewasa, terutama dikalangan anak muda sebagai target utama kami, maka kami tetapkan promosi yang akan kami pergunakan paling utama yaitu melalui media sosial, tetapi promosi dengan cara lain seperti brosur dan secara “Face to face” tetap kami akan pergunakan agar semua orang dapat dengan mudah mengenal produk yang akan kami jual.

PERHITUNGAN MODAL
Biaya bahan
-    1.000 gram Pasta “La Fonte”                   Rp       25.000,00
-    500 gram Saus Bolognese “La Fonte”      Rp       22.000,00
-    175 gram Keju cheddar “Kraft”               Rp       23.500,00
-    Daun sop                                                 Rp         10.000,00
-    1 kg daging sapi giling                              Rp       52.000,00 +
Jumlah biaya bahan                                           Rp    105.000,00

Biaya tenaga kerja                                     Rp          500.000,00
Biaya nota dan pulpen                                 Rp            10.000,00
Biaya kemasan                                            Rp            90.000,00
Biaya garpu plastik                                     Rp            60.000,00
Biaya transportasi                                      Rp            20.000,00
Biaya sewa tempat                                      Rp       5.000.000,00
Biaya promosi                                              Rp             3.000,00
Biaya listrik, air dan gas LPG                       Rp       2.000.000,00
Biaya lain-lain                                              Rp       1.000.000,00+
Total biaya                                                    Rp   8.683.000,00

HARGA JUAL
Dari bahan-bahan di atas dihasil sebanyak  30 Pasta yang dibandrol dengan harga Rp 20.000,00.
PERHITUNGAN LABA RUGI
Berdasarkan perhitungan modal dan harga jual, maka akan diperoleh perhitungan laba rugi sebagai berikut:
Total penjualan – total biaya               = laba/rugi
Rp 600.000,00  – Rp 8.683.000,00      = Rp 8.083.000,00

ANALISA KEUNTUNGAN

Persentasi keuntungan dari penjualan adalah sebesar  30%, angka ini didapat dari perhitungan sebagai beri:
Laba
X 100%
=…….%
Jumlah penjualan
Rp 8.083.000,00
X 100%
= 30%
Rp 600.000,00

CARA MEMBUAT
Ø  Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat Pasta kangen:
·         Pasta “La Fonte”
·         Saus Bolognese “La Fonte”
·         Keju cheddar “Kraft”
·         Daun sop
·         Daging sapi giling

Ø  Peralatan yang digunakan untuk membuat Pasta kangen adalah:
·         Kompor
·         Panci
·         Pisau
·         Piring
·         Saringan
·         Garpu

Ø  Proses pembuatan Pasta kangen yaitu:
·         Masukkan pasta ke dalam 5 liter air mendidih, tambahkan garam dan minyak goreng secukupnya
·         Aduk sesekali dan masak 8 sampai 10 menit atau sampai tingkat kekenyalan yang diiginkan
·         Tiriskan, lalu hidangkan dengan saus Bolognese “La Fonte” dan topping dan keju parut di atasnya, setelah itu hias dengan daun sop.
·         Pasta kangen yang sangat enak pun siap dinikmati




Tidak ada komentar:

Posting Komentar